Tips Mengatasi Android Lambat

Tips Mengatasi Android Lambat Smart Phone dengan OS Android memiliki peminat paling banyak untuk pengguna gadget, karena dapat mendukung banyak aplikasi dan juga harga yang terjangkau. Namun, jika kinerjanya sudah mulai lemot juga akan menimbulkan rasa jengkel. Tips dibawah ini bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah diatas.

1. Periksa Memori Internal
Memori internal juga mempengaruhi kecepatan android dalam beroperasi.Menyimpan data dan menginstal aplikasi terlalu banyak pada memori internal juga akan memepengaruhi kecepatannya. Sebaiknya simpanlah data pada memori external dan menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan atau aplikasi yang jarang digunakan sehingga tersisa banyak ruang di memori internal.

2. Membersihkan Cache
Cache adalah sisa data penyimpanan yang berkelanjutan yang ditinggalkan oleh aplikasi. Jika pada browser maka dia disebut history. Penumpukan cache ini akan memperlambat kinerja android. Jadi, untuk mencegahnya anda bisa menghapus cache ini dengan bantuan aplikasi yang ada di Play Store, atau bisa juga langsung di pengelola aplikasi di HP anda.

3. Widget yang Berlebihan
Kebanyakan orang menggunakan widget untuk menghiasi tampilan awal HP mereka, juga ada yang membuat hanya untuk sekedar kesan imut. Namun, widget ini juga termasuk salah satu faktor yang menyebabkan HP anda menjadi lemot atau lambat. Oleh karena itu, disarankan untuk memakai widget yang dirasa benar-benar penting dan juga hindari penggunaan Live Wallpaper.

4. Hindari Penggunaan Launcher
Pemakaian launcher bertujuan untuk memperindah dan kostumasi yang sesuai dengan keinginan pengguna. Namun, kinerja android menurun karena pemakaian launcher ini. Ini disebakan oleh ketidaksesuaian Animation Setting yang dikandung oleh launcher sehingga mengkonsumsi daya dan kapasitas memori yang berlebihan. dan menyebabkan android menjadi lamban.

5. Update Firmware
Meng-update Firmware termasuk salah satu cara supaya Hp tidak menjadi lambat. Dengan meng-update firmware dapat meningkatkan kinerja dari Hp dan juga bisa mengatasi masalah aplikasi yang tidak kompotibel.

Jika semua langkah diatas telah anda coba, namun tidak membuahkan hasil yang memuaskan. langkah akhir yang bisa anda lakukan adalah melakukan Factory Reset atau yang biasa disebut dengan kembali ke setelan pabrik. dengan langkah ini anda akan merasakan sensasi menggunakan hp baru. Tapi, kekurangan nya adalah semua data dan aplikasi yang anda install di memori internal akan lenyap atau hilang.

1 Comments

Previous Post Next Post